Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Februari, 2013

Berikan Hikmah, STOP mem-BULLY saudara sendiri

Gambar

Orang yang sukses ialah orang yang menyempurnakan dirinya, menyibukkan diri dengan aib-aibnya, dan ia tidak suka menjadi desas desus aib orang lain. Membicarakan konsep maupun gagasan, yang kelak mengubah peradaban umat manusia.

—–

Belakangan ini, pemberitaan media ada-ada saja kontennya. Ya Raffi ahmad ce-es Wanda, sampai kasus ciduk-menciduk kasus korupsi presiden PKS, Pak Luthfi Hasan Ishaaq (sering disingkat LHI).

Ramai di social media melakukan aksi mem-bully kepada kasus-kasus yang bersangkutan. Alih-alih sibuk mencari solusi masalah, kebanyakan komentar-komentar pedas mengalir, tertuju pada figur tersebut. Yang paling gress, Pak Tifatul Sembiring tampak sibuk klarifikasi akun twitter resmi Kominfo yang kecolongan meneruskan (Retweet)  berita tentang PKS.” Ya,… akun lembaga, kok nyebar-nyebar info yang tidak ada kaitannya dengan lembaga ya”. Begitu kicauan orang-orang.

 

“Saya mohon maaf tweeps budiman atas keteledoran admin akun Kemkoninfo yg me RT akun PKS, admin ybs lsng diganti dan twitt tsb sdh dihapus,” kata Tifatul seperti detikINET kutip dari akun twitternya, @tifsembiring, Jumat (1/2/2013).

 

Mungkin sedang kalap, akun resmi itu pun kecolongan. Waduh! Apalagi  Pak Tifatul yang latar belakangnya dari PKS, membuat para pem-bully semakin menjadi-jadi.

Ah teman…. Janganlah kita bertepuk tangan atas kesalahan orang. Cukup nasihati, berkata benar, atau diam. Jadilah pendengar yang baik, atau sekalinya bicara, bicaralah yang baik-baik. Berhenti berseringai, seolah orang di ujung sana bukan saudara kita, seolah ia tidak seiman dengan kita.

Kasus di-Bully-nya partai-partai islam di parlemen, sudah jauh-jauh hari diprediksi oleh pegiat antidemokrasi. Demokrasi itu kotor, dimasuki yang suci, jadilah ia najis. Rasul berkata: “apabila yang Haq didekatkan pada yang batil, maka kebatilan akan mengotori keduanya”. Jangankan orang-orang yang tidak ikhlas, orang yang ikhlas saja jika didekatkan  pada jalan yang sesat, ujung-ujungnya sesat juga.

Tidak usah capek-capek mem-bully oknumnya, kaji-mengkajilah sebuah gagasan. Mudah-mudahan kita senantiasa menjadi pembelajar, bukan pencaci. Apalagi pencaci di social media! Ini bukan masalah nyali, tapi harga sebuah etika.

 

Alga Biru, 1 Februari 2013

 

Iklan

Read Full Post »

“Kenangan Maza”

GambarMazaya telah tiada, namun nama dan kenangan tentangnya selalu ada di hati. Note ini ditulis Maza ketika status FB terakhirnya: “Rindu Orang-Orang Yang Ada di Hatiku”. Thufail (adik mazaya) hanya membantu mas gaza untuk mempublikasikannya. karena ini permintaan almarhumah. Semoga menjadi hikmah bagi siapa pun yang menjalin ukhwah.
————————–

—————————————–

Dulu sebelum mengenal FB aku hanya seorang anak rumahan yg tak punya banyak saudara,,tp setelah aku membuat FB alhamdulillah saudaraku bertambah satu persatu. Terlebih lagi kalian mempunyai keunikan masing-masing ,yang membuatku gampang mengingat kalian *senyum*….

Bismillaahirrohmanirrohiim…..

1. Ka Abie Fillah :
Beliau kaka pertamaku di FB *senyum*,,,,orangnya lembut dan baik hati ,,ada kata-kata yang selalu kuingat tiap kali kami bertegur sapa via FB “Apa hari ini kamu bahagia ,dek?” kalau kamu bahagia kakapun demikian”…Subhanallah, semoga Allah selalu merahmatimu ka,,,oya, salam untuk mbaku&adik-adikku&pangeran kecilku….

2. Frigrina Nayla Gie Gie Ismail / Nay :
senyum dulu ah,,,hy cintaQ? sayangQ? apakabar dirimu? aku sangat merindukanmu *nangis* kapan yah kita curhat-curhat,ketawa,nangis bareng lagi? hehehe,,,
Nay sudah seperti saudaraku,dia selalau ada buatku,dia begitu pintar menyembunyikan perasaannya,aku kagum kemandiriannya dan dia selalu ceria dihadapanku. Nay,nay,,nggak tau lagi harus nulis apa tentang dirimu,karena begitu banyak yang indah tentangmu.,,maza mau bilang :MAZA SAYAAAANG nay,,,” Hiks,hiks,,,muah,muah,,semoga tahun ini tercapai apa yang kau impikan *senyum*.

3. Randy Guevarah / Om Prince :
Hoaaammzz,,,,zzzz,,zzzz…..
om prince bisa dibilang ikhwan gaul getoo,,komennya suka aneh,,tapi maza suka gayanya yang cuek namun tetap sholeh *senyum*,,,om jangan tambah aneh yah? hehehe,,pisss,,,*nyengir*.

4. Annurul Qulbi / Ka Ann :
Kaka perempuanku yg ini ,,,ckc ck ck,,she is smart…aku suka berdiskusi dan banyak hal yang kutanyakan darinya,,intinya dia juga bisa dibilang guru bagiku,,,walau aku suka meledeknya untuk menerima pinangan kakakku,tp dia tak pernah marah,,hehehe,,,”terima ya ,ka? maksa.com…*senyum*…

5. Azzam Aby Al-Khansa’ / Ka Arbie :
Dia papaku di FB,,,si ikhwan sholeh ini *senyum* sedang mencari tulang rusuknya,,,hayuu,,hayu,,,dimana?..cari ya ka,,hehehe,,,karenanya juga aku tambah rajin membaca,,ternyata banyak manfaatnya,,syukran ka arbie,,*senyum*

6. Syauqi :
Kakaku ini orangnya romantiz abizzz,,,status-statusnya sering ku contek untuk keseharianku,,hehehe,,kalau nggak percaya tanya aja mas gaza,,,smpai aku dibilang tukang ngopi status,,,gak apa-apalah,,*senyum*.

7. Badai Sembilan :
si ikhwan cool ini ,,aku nggak bisa banyak komentar karena kami jarang sekali berkomunikasi,tapi tiap kali kubaca komen-komenya membuatku tergeleng-geleng…ternyata oh ternyata,,kayaknya coccok ni sama kakakku,,*senyum*.

8. Chumi ‘mie’ AlGhumaisha :
ukhty yg satu ini begitu sederhana,,maza selalu suka dengan status-statusmu,,tidak jarang status-statusmu membuatku terinspirasi,,yah,,status yang sangat sederhana sesederhana orangnya *senyum*.

9. Alga Biru :
Saudariku yang ini,,pintar sekali membuat cerpen,,aku sampai kagum padanya karena menurutku dia orang berbakat…Untuk Alga,,,keep Hamasah!!..

10. Zarqa Sama’ir Rahmah :
UkhtyKu yg ini jarang sekali di FB tapi kami selalu komunikasi via YM,,nama panggilan kamipun sama yaitu, ” Za”…Apakabarmu ,za,,,?…Luv You,,,&senyum*.

11. Dinnie Az-Zahrah :
dia salah satu mbaQ di FB,,kami memang jarang komunikasi tapi maza yakin dia seorang yang pintar,,terlihat dari status-statusnya yang selalu semangat. *senyum*.

12. Evvellin Chairunnisa Rotinsulu / ka Nisa :
aku kagum akan ketegarannya,,sellalu ceria,dan jarang sekali mengeluh,,bila mengingat perjuangannya sebagai seorang muslimah aku jadi malu,,ternyata aku sangat tak sebanding dengannya. Ka Nisa,,semoga Allah sellu memberimu kesabaran yang amat. Amin.

13. Kangmas Yusuf / Aa :
Orangnya chubby,melow banget+romantis abis,,dia sellalu saja membuatku tersenyum…Aa…tetaplah seperti itu,karena itu ciri khasmu *senyum*.

14. MuhammaD Albadawi / Ka All :
Beberapa temanku ada yang bilang kalau dia orangnya rada serius alias nggak bisa bercanda,tp menurutku tidak. kami sering bersenda gurau,,dia salah satu kakak terbaikku. *senyum*.

15. Evi Maisusanti Az-Zahra :
Apakabar mabaQ? Gmna tesisnya? semoga lancar. Amin,,,MbaQ yang ini ternyata sama-sama menginginkan apa yang kuinginkan,,,”baby,baby…” *senyum*.

16. FItriah Abdul Aziz :
Aku tak mengenal sebelumnya,,tapi sewaktu aku koma beberapa bulan yang lalu beliau menulis di wall ku dan mendoakanku,,jujur ,aku terharu dibuatnya,,,makasih ya mbaQ? *senyum*.

17. Ajari ‘Emi AlGhumaisha’ jadi Akhwat&Ulfa Dwi lestari :
Aku baru beberapa bulan mengenalnya,,mereka adik-adikku yang sangat manis dan subhanallah semangatnya luar biasa,,untuk kalian ka maza hanya bisa berdoa semoga tetap istiqomah…*senyum*.

—————————————————————————————-

…Aku mengenalmu lewat jiwa,bukan lewat mata…

Aku menjadikanmu saudara lewat hati bukan sekedar basa basi…

ku tak tahu seperti APA AKU DALAM PANDANGANMU,,

selayak apa aku dalam ukhuwahmu…

Tapi yang aku tahu,,meski dengan keterbatasanku,,berbalut kekuranganku…

Aku menulis namamu dihatiku sejak awal dan takkan terhapus sebagai SAUDARA selamanya…”

Terima Kasih Sudah Menjadi Sudaraku..*senyum*…………

Bila Allah tak mempertemukan kita didunia,semoga kita dopertemukan diakhiratNya. AMIN………….

Read Full Post »

The Work of Wiryanto Dewobroto

. . . sebab dari buahnya, pohon itu dikenal.

Saatnya Bercerita

Jangan pernah menulis sesuatu yang kelak akan membuatmu menyesal

Rumah kecil di seberang universitas

the story of a growing cutie family...

Nurbaiti-Hikaru's Blog

Hidup hanya sekali, hiduplah yang berarti

fattahrumfot.writings

Tinta-Tinta Gagasan

The Journey in Me

"The journey is the reward" - Chinese Proverb

bocahbancar.wordpress.com/

A Social Worker, A Great Dreamer

melquiadescaravan

Climbing up the mountain of books and Reading a book while climbing the mountains

Journey of Sinta Yudisia

Writing is Healing. I am a Writer & Psychologist.

Jiwa yang Pergi

Catatan hati dan pikiran setelah anakku mengakhiri hidupnya

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Kajian Timur Tengah

dan Studi Hubungan Internasional

/jur·nal/

yang ditemui mata dan mengendap di pikiran

Life Fire

Man Jadda Wajada | Dreams will be achieved when we truly believe in our heart ˆ⌣ˆ

Life is Beautiful

Me, Myself and food

It's My Notes

Blog tentang catatan-catatan yang sering kutulis di waktu senggang

Write The Universe

Apa pun itu, tulislah!

The Work of Wiryanto Dewobroto

. . . sebab dari buahnya, pohon itu dikenal.

Saatnya Bercerita

Jangan pernah menulis sesuatu yang kelak akan membuatmu menyesal

Rumah kecil di seberang universitas

the story of a growing cutie family...

Nurbaiti-Hikaru's Blog

Hidup hanya sekali, hiduplah yang berarti

fattahrumfot.writings

Tinta-Tinta Gagasan

The Journey in Me

"The journey is the reward" - Chinese Proverb

bocahbancar.wordpress.com/

A Social Worker, A Great Dreamer

melquiadescaravan

Climbing up the mountain of books and Reading a book while climbing the mountains

Journey of Sinta Yudisia

Writing is Healing. I am a Writer & Psychologist.

Jiwa yang Pergi

Catatan hati dan pikiran setelah anakku mengakhiri hidupnya

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Kajian Timur Tengah

dan Studi Hubungan Internasional

/jur·nal/

yang ditemui mata dan mengendap di pikiran

Life Fire

Man Jadda Wajada | Dreams will be achieved when we truly believe in our heart ˆ⌣ˆ

Life is Beautiful

Me, Myself and food

It's My Notes

Blog tentang catatan-catatan yang sering kutulis di waktu senggang

Write The Universe

Apa pun itu, tulislah!