Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Desember, 2012

memo

Keteguhan, kemurniaan dan politikus ulung, itulah sekerat hikmah yang hendak dibagikan di buku yang berjudul “Memoar Pejuang Syariah dan Khilafah”. Buku yang memuat 16 biografi singkat dan perjalanan orang-orang yang teguh memperjuangkan agama Allah Swt. Kebanyakan tokoh-tokoh yang tercatut telah wafat dalam kurun waktu 1960-an hingga tahun 2011.

Driser, walaupun mereka telah wafat, perjuangan mereka seolah-olah masih mendidih dalam darah kita. Mereka sudah membuktikan dan memakan asam garam dalam dakwah. Buat kita yang baru mengenal dakwah, buku ini jadi motivasi yang real. Yup! Kisah-kisah keteguhan mereka bukan fiksi seperti yang ada di novel-novel islami. Mereka nyata! Alias dialami dalam kenyataan hidup. Apalagi buat yang sudah terjun dalam medan dakwah, buku makiiinnnn bikin diri ini iri. Sebab mereka bukanlah rasul dan para sahabat nabi, namun jalan-jalan yang mereka pilih tak ubahnya jalan kekokohan para kekasih Allah Swt yang agung.

Adapun ke-16 tokoh tersebut yaitu syaikh Taqiyuddin an Nabhani, sang pendiri Hizbut Tahrir. Lingkungan beliau akrab dengan ilmu dan pergulatan politik. Kakek beliau, Syaikh Yusuf an Nabhani telah menempa beliau hingga kemudian mengirimnya ke Al Azhar Kairo untuk mendalami islam. Selain kelahiran dan jenjang pendidikan, terlampir pula perjalanan politik syaikh Taqi. Termasuk pula konteks hubungan beliau dengan Ikhwanul Muslimin (jamaah islam yang populer di jamannya). Serta pandangan beliau terhadap tokoh populer Al-Bana (sejawat beliau yang juga memegang peranan penting di dunia islam).

Ada pula profil syaikh Abdul Qadim Zallum, amir Hizbut Tahrir kedua. Simak sepak perjuangan Al Ustadz Hafizh Shalih yang berdakwah di enam negara! Wow… menarik ya?! Selain seru, tak kurang pula kisah mengharukan. Salah satunya pendakwah yang syahid akibat rezim otoriter di Libya, wafatlah asy syahid Muhammad Muhadzdzab Hafaf dalam keistiqomahan dakwahnya. Subhanallah, bukan sekadar korbanan waktu, pemikiran dan harta. Nyawa pun ia perjualbelikan di jalan Allah Swt. Niscaya akan dibayar dengan jannah yang abadi.

Nah… giliran muslimah unjuk gigi. Walaupun catatan secara spesifik tentang perjuangan para muslimah tergolong sedikit, tapi bukan berarti kosong. Perjuangan indah muslimah terwakilkan dengan hadirnya profil Ustadzah Najah as-Sabatin. Berbeda dengan tokoh sebelumnya, tokoh ini orangnya masih ada sampai sekarang alias masih hidup.  Beliau gencar menyebarkan ide di dunia maya loh… wow oh wow… seperti apa kelanjutannya? Rahasia! (Makanya baca aja sendiri, ups! Heee)

Akhir kata, buku ini tidak ditulis untuk mengagungkan tokoh manapun selain nabi kita yang agung, Muhammad Saw. Tidak pula untuk berbangga-bangga dalam kelompok (berhubung tokoh-tokoh yang ditulis berasal dari Hizbut Tahrir). Siroh Nabawiyah, kisah sahabat dan ulama salaf sudah selayaknya menjadi panduan umum dalam mencontoh gerak dakwah. Buku ini hadir justru untuk melengkapi memoar manisnya dakwah dan iman,  juga pemantik diantara buku-buku wajib tersebut. Wallahu’alam. [Alga Biru]

Iklan

Read Full Post »

Merajut Ukhwah

“Saat kau susah, lihat siapa yang bersamamu”

“Saat kau senang, ingat siapa yang bersamamu di kala susah”

*****

 

 

                Setiap orang tidak akan tahan hidup sendiri. Pasti selalu mencari sahabat untuk menemani, berkawan berbagi suka duka. Bukan sahabat namanya, jika saat senang dia ada, saat sedih dia menghindar. Alasan sibuk, pusing, bukan nolongin malah nambah galau. Persahabatan itu kadang mengingat kita dengan hal-hal yang aneh. Misal : cemburu kalau kita seru-seruan dengan yang lain. Ehh… giliran bersama, kita sering diacuhkan bin disia-siakan. Sebel ? Pasti. Nih, Alga kasi contoh ya :

Rina : Ren, temani aku ke toko buku ya? Ada tugas sekolah nih

Reni : Aduh, Maaf nih, aku lagi sakit perut. Kumat

Rina : ohhh (dalam hati sedih, ngga punya teman)

(Ngga lama kemudian, ketauan deh sebenarnya Reni ngga lagi sakit. Trus ngapain? Lagi asik pacaran, bela-belain bohongin teman sendiri)

                Sahabat imitasi, ngakunya sahabat tapi sebenarnya tidak benar-benar mengasihi. Ia tidak berteman dengan hati dan keikhlasan, melainkan ada kepentingan suatu hal. Begitu kepentingan itu hilang, maka lenyaplah persahabatan selama ini. Bukan sahabat namanya, jika kita berbuat salah, dia cuma diam bahkan mungkin menggunjing di belakang kita. Aduuhh… itu sih mirissss!

Ani : Lis, udah bagus belom kerudungku ?

Lisa : Oh bagus kok. Mantep!

(Kenyataan: Atasan kerudung merah, bawahan kuning, kaus kaki biru langit. Asli, tabrak warna bo!)

                Nah loh.. masih banyaakkk kasus SAHABAT IMITASI di tengah pergaulan kita. Ups!

 

 

 

 

Merajut Ukhwah, Menyelami kepedulian

Persahabatan merupakan perlambang ikatan cinta dan kasih antar insan di dunia. Apalagi antar sesama kita kaum muslimin atau yang lebih dikenal dengan ukhwah islamyah (persaudaraan islam). Resapilah!

“Perumpamaan seorang mukmin dengan mukmin lainnya dalam kelembutan dan kasih sayang, bagaikan satu tubuh. Jika ada bagian tubuh yang merasa sakit, maka seluruh bagian tubuh lainnya turut merasakannya.” (HR. Imam Muslim)

Sejatinya, jika ada teman kita yang sedang merasakan kesusahan, niscaya turut merasakannya. Laksana satu tubuh! Kalau gigi sakit, pasti tangan mencari obat dan pertolongan untuk gigi yang lagi kesakitan. Jika rasa bersaudara ini sudah hilang, jangan-jangan kita sudah tertular penyakit SIPILIS ! Nah loh… apa tuh? SIPILIS itu Sekuleris Pragmatis dan Liberalis. Yaitu ide-ide yang bikin kita makin individualis dan mikirin diri sendiri.

Ukhwah islamyah tidak terpisah jarak maupun waktu. Apalagi jaman serba online seperti sekarang. Masih banyak saudara sesama muslim yang kelaparan, sedang kita kekenyangan. Pernahkah kita memikirkan mereka? Saudara kita di Rohingya dibantai, sadarkah kita kesulitan mereka? Mungkin yang mereka minta dari kita tidak banyak. Hanya kepeduliaan dan doa. Masyaallah… jangan-jangan kita tidak pernah atau sering lupa mendoakan mereka? Kalau doa aja lupa, apalagi memperjuangkan nasib mereka. Boro-boro kaleeee ?!

Sindiran ini bukan untuk menyudutkan, mudah-mudahan ini jadi pengingat buat Alga dan kita semua. Oya satu lagi, mohon doakan (juga perjuangkan!) agar Khilafah Islamyah tegak di muka bumi. Ehhh… buat apa?? Supaya persaudaraan muslim di seluruh dunia tidak lagi tersekat negara. Yup! Cukup satu negara: Hidup NKRI ! (Negara Khilafah Rasyidah Islamyah). [Alga Biru]

Read Full Post »

The Work of Wiryanto Dewobroto

. . . sebab dari buahnya, pohon itu dikenal.

Saatnya Bercerita

Jangan pernah menulis sesuatu yang kelak akan membuatmu menyesal

Rumah kecil di seberang universitas

the story of a growing cutie family...

Nurbaiti-Hikaru's Blog

Hidup hanya sekali, hiduplah yang berarti

fattahrumfot.writings

Tinta-Tinta Gagasan

The Journey in Me

"The journey is the reward" - Chinese Proverb

bocahbancar.wordpress.com/

A Social Worker, A Great Dreamer

melquiadescaravan

Climbing up the mountain of books and Reading a book while climbing the mountains

Journey of Sinta Yudisia

Writing is Healing. I am a Writer & Psychologist.

Jiwa yang Pergi

Catatan hati dan pikiran setelah anakku mengakhiri hidupnya

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Kajian Timur Tengah

dan Studi Hubungan Internasional

/jur·nal/

yang ditemui mata dan mengendap di pikiran

Life Fire

Man Jadda Wajada | Dreams will be achieved when we truly believe in our heart ˆ⌣ˆ

Life is Beautiful

Me, Myself and food

It's My Notes

Blog tentang catatan-catatan yang sering kutulis di waktu senggang

Write The Universe

Apa pun itu, tulislah!

The Work of Wiryanto Dewobroto

. . . sebab dari buahnya, pohon itu dikenal.

Saatnya Bercerita

Jangan pernah menulis sesuatu yang kelak akan membuatmu menyesal

Rumah kecil di seberang universitas

the story of a growing cutie family...

Nurbaiti-Hikaru's Blog

Hidup hanya sekali, hiduplah yang berarti

fattahrumfot.writings

Tinta-Tinta Gagasan

The Journey in Me

"The journey is the reward" - Chinese Proverb

bocahbancar.wordpress.com/

A Social Worker, A Great Dreamer

melquiadescaravan

Climbing up the mountain of books and Reading a book while climbing the mountains

Journey of Sinta Yudisia

Writing is Healing. I am a Writer & Psychologist.

Jiwa yang Pergi

Catatan hati dan pikiran setelah anakku mengakhiri hidupnya

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Kajian Timur Tengah

dan Studi Hubungan Internasional

/jur·nal/

yang ditemui mata dan mengendap di pikiran

Life Fire

Man Jadda Wajada | Dreams will be achieved when we truly believe in our heart ˆ⌣ˆ

Life is Beautiful

Me, Myself and food

It's My Notes

Blog tentang catatan-catatan yang sering kutulis di waktu senggang

Write The Universe

Apa pun itu, tulislah!