Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Februari, 2015

Satu Tangan, Satu Kaki, Bang Imul Meraih Mimpi

mulyanaKetidaksempurnaan, menempa seseorang jadi pejuang yang sebenarnya.  Kesehariannya, hidup dengan satu tangan, satu kaki, memberi makan ternak dan bercocok tanam. Ia bukan tuan tanah yang suka membabu kepada orang yang tidak mampu. Beberapa warga diberikan lahan untuk menyambung hidup.”Terima kasih Om Mul, kita-kita ngga ngganggur lagi”, ucap tetangga yang beruntung itu.  Kejayaan tak melayangkan nuraninya. Lebih dari itu, keberkahan melingkupi sekitar, lebih jauh dari yang disanggupi kakinya untuk melangkah.

Bang Imul, panggilan akrab Mulyana, pria asal Purwakarta itu mengharumkan nama bangsa. Ia berhasil memecahkan rekor dunia nomor 50 meter gaya kupu serta membawa medali emas cabang renang Asian Paragames 2014. Dipastikan, dirinya akan tampil pula di Paralympic Brazil mendatang. Dari pemerintah, prestasinya diberi bonus 490juta! Cukup fantastis! Di balik pengorbanannya yang dulu sempat menggadai tanah demi meraih mimpi menjadi perenang kelas dunia. Sebagai bonus dari haru dan bahagia itu, Mulyana hendak memberangkatkan Ibunya naik haji dan membiayai sanak keluarga yang sakit.

Dia ingin jadi perenang dan menang, dari situlah semua berasal. Sekarang, susul menyusul kebaikan dan tawaran datang. Keterbatasan fisik tidak membatasi langkah dan andilnya dalam berbagi, menebar rezeki, dan berdaya guna. Mimpinya kini bertambah satu lagi, yaitu membangkitkan semangat dan daya tawar orang-orang berkebutuhan khusus seperti dirinya.  Buat kita yang masih lengkap, dari ujung kepala sampai ujung kaki, masih meratapi nasib dan enggan berjuang?!

—-

“Semua bibit yang ditanam, akan jadi buah yang dipetik. Apa yang diusahakan hari ini, dirasakan esok nanti”—- @Alga_Biru_

Iklan

Read Full Post »

Bang Inu dan Jenggotnya

inu uBang Inu, sapaan akrab aktor kondang Teuku Wisnu, bikin geger dunia keartisan dengan caranya sendiri. Walau tidak bermaksud menggegerkan, jalan hidup yang ia pilih sekarang tentu tidak mudah bagi seseorang yang makan kenyang dari gemerlap keartisan. Aktor yang digemari ibu-ibu sampe nenek-nenek melalui sinetron sukses Cinta Fitri, kini memilih tampil islami, baik frame maupun konten. Bang Inu sudah jarang main sinetron, (atau mungkin tawarannya makin berkurang ya) sejak sisi keislamannya menguat. Lihat dia sekarang. Jenggotan, celana cingkrang, kemana-mana ngomong Allah, bahkan kalau lagi ‘gemes’ keceplosan juga ngomporin ide Khilafah.

Bang Inu yang islami sebenarnya tidak sendirian. Istrinya Sheeren mendukung plus mengikuti, sedikit bukti, Sheeren sudah berhijab sekarang ini. Pasangan Alissya dan Dude yang emang terkenal ‘artis baik-baik’  makin enak dipandang mata. Yang paling gress, raja joget caesar, si dagu panjang ini kelihatan sudah turun tahta, lagi-lagi…. Memilih islam. Cek Instagramnya caesar, ada azam yang teduh disana “seseorang yang sedang mengejar cintanya Allah Swt”. Cetarrr ngena! Masyaallah.

Tapi Bang Inu magnetnya lebih khusus. Jenggotnya itu loh. Lebat nian, luar biasa garang, yang mengingatkan saya pada Yusuf Islam. Jenggot itu, membuat Sheeren makin cinta. Caption Instagram Sheeren berisikan sanjungan pada si Abang. “Abi, I love you so much. Jenggotmu, cingkrangmu, perubahanmu,semuanya”. Jenggot ini yang pastinya menolak tawaran sinetron secara otomatis.( Kecuali untuk peran ‘cowo arab’ kali ya.)

“Satu hal yang membuat saya Iri kepada Teuku Wisnu adalah jenggotnya” curhat aktivis dakwah di status Facebook. Jenggot ini,,,, ya jenggot ini….. membuat  para ikhwan cemburu. Suamiku, yang  sudah bertahun-tahun niat punya jenggot, ngga juga tumbuh jenggotnya. Firdaus Oil ngga benar-benar membantu, nyatanya jenggot tetap seiprit.

Jenggot ini, menambah wibawa. Saya merasakannya. Emang beda sih ya, orang jenggotan ngomong itu seolah lebih bernyawa. Dinamisasi jenggot bisa jadi pembuka obrolan yang seru. Jenggot, yang hukumnya masih terdapat perbedaan, pesonanya lebih mewabah. Ya, kenapa jenggot identik dengan muslim? Kenapa saya memilih menjadi muslim? Dinamisasi jenggot, bisa jadi dinamisasi dakwah. Percayalah,ini istilah saya saja. Hehe

ui

Yang pasti, Bang Inu dan jenggotnya, sudah bertabur hikmah. Hidayah itu milik siapa saja yang dikehendaki-Nya. Jadi, era preman tobat sudah datang. Bagaimana dengan Anda? Masih ngantri jadi pengikut Abu Lahab? Ikut sesat,buka aurat dan makan riba?! Wallahu’alam.  [Alga Biru]

Read Full Post »

“a Condom”

colliDalam sebuah wawancara BuzzFeed bersama Misha Collins, muncul pertanyaan lucu-ucuan , “What do you take with you to protect against the gost?”,  yang artinya kira-kira “Apa yang bakal kamu lakukan untuk melindungi dari gangguan hantu?. “A condom” jawabnya. Haha, apa ngga ada barang laen mas-bro? Yupz… Misha Coliins,pemeran Castiel (Fallen Angel of the Lord) dalam serial  film TV,  Supernatural memang terkenal orang nyentrik, mewakili figur nyentrik Amerika. Cakep, kaya, popular, penuh rumor, intelektual dan berdedikasi. Benar-benar multi-Amerika. Tipe yang mudah membuat orang jatuh cinta.

Kondom dan pergaulan hodonis ala Amerika sepertinya memang tidak bisa tidak, pengaman yang wajib ada. Kondom semacam perisai saat berpacaran untuk kemudian berhasrat, atau berhasrat untuk mengawali pacaran. Tentu tidak ada yang mau mengambil resiko ada benih anak dalam sebuah hubungan coba-coba, apalagi berhubungan intim menjadi menu utamanya. Tidak juga penyakit menular dan sejenisnya, kondom telah menjadi benda ‘halallan toyyibah’ dalam habitatnya semisal negara Amerika, Kanada, Inggris, termasuk negara yang menjunjung tinggi kebebasan orientasi seksual,…. Belanda.

kon

Itu di Amerika ya. Hola Indonesia,…. Setelah cukup sukses tahun lalu berkampanye pekan kondom Indonesia, sebelumnya juga sempat sosialisasi ATM kondom, lalu apa kabar kondom hari ini di tanah air beta ? Di hari Valentine, dimana beberapa cowok  seribu kali lebih punya ide untuk bernafsu, dan perempuan sekian kali lebih mudah dirayu, maka tidak sedikit yang mengakhiri hubungannya di ranjang. Sehingga, pemilik supermaket tidak pernah lupa menyediakan kondom stok lebih di rak-rak mereka. Terbukti laris manis dari hari biasa. Bahkan yang lucu, coklat-coklat super valentine dikemas jadi satu bersama kondom. Entah lucu, atau dungu, inilah Indonesia kita.

Di hari Valentine, orang-orang yang memberi coklat berkondom itu, seolah hendak berkata

“Terimalah coklat ini dan ayolah kita bercumbu”.

Ironis, mengingat moyoritas di negara ini adalah muslim. Janganlah kita menjadi pengimpor budaya yang ‘terlalu kreatif’ lalu buta. Kita memang tidak lebih kaya dari orang Amerika, tidak lebih sejahtera dari penduduk Inggris (bahkan penduduk se-Asia Tenggara). Tapi mbok,ya ngga gitu-gitu amat ya….. ini kondom loh, kok digodain pake coklat. Kita perlu revolusi kondom ya? Mengingat presiden gagal melakukan revolusi mental.

Kondom dan Hedonisme membuat orang Amerika miskin Virginitas, Kondom dan pembebek hodonisme membuat orang-orang Indonesia kehilangan moralitas. Apa yang tersisa dari umat manusia ? Selain penyesalan di belakang hari, takut bergenerasi, dan…… hilangnya rasa malu.

[Alga Biru]

Read Full Post »

Saatnya Bercerita

Jangan pernah menulis sesuatu yang kelak akan membuatmu menyesal

Rumah kecil di seberang universitas

the story of a growing cutie family...

Nurbaiti-Hikaru's Blog

Hidup hanya sekali, hiduplah yang berarti

fattahrumfot.writings

Tinta-Tinta Gagasan

The Journey in Me

"The journey is the reward" - Chinese Proverb

bocahbancar.wordpress.com/

A Social Worker, A Great Dreamer

melquiadescaravan

Climbing up the mountain of books and Reading a book while climbing mountains

Journey of Sinta Yudisia

Writing is Healing. I am a Writer & Psychologist.

Jiwa yang Pergi

Catatan hati dan pikiran setelah anakku mengakhiri hidupnya

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Kajian Timur Tengah

dan Studi Hubungan Internasional

/se·na·rai/

yang ditemui mata dan mengendap di pikiran

Life Fire

Man Jadda Wajada | Dreams will be achieved when we truly believe in our heart ˆ⌣ˆ

Life is Beautiful

Me, Myself and food

It's My Notes

Blog tentang catatan-catatan yang sering kutulis di waktu senggang

Write The Universe

Apa pun itu, tulislah!

Cerita Assa

L'amour Va Trouver Sa Place à S'ancrer Par Lui Même

Saatnya Bercerita

Jangan pernah menulis sesuatu yang kelak akan membuatmu menyesal

Rumah kecil di seberang universitas

the story of a growing cutie family...

Nurbaiti-Hikaru's Blog

Hidup hanya sekali, hiduplah yang berarti

fattahrumfot.writings

Tinta-Tinta Gagasan

The Journey in Me

"The journey is the reward" - Chinese Proverb

bocahbancar.wordpress.com/

A Social Worker, A Great Dreamer

melquiadescaravan

Climbing up the mountain of books and Reading a book while climbing mountains

Journey of Sinta Yudisia

Writing is Healing. I am a Writer & Psychologist.

Jiwa yang Pergi

Catatan hati dan pikiran setelah anakku mengakhiri hidupnya

What an Amazing World!

Seeing, feeling and exploring places and cultures of the world

Kajian Timur Tengah

dan Studi Hubungan Internasional

/se·na·rai/

yang ditemui mata dan mengendap di pikiran

Life Fire

Man Jadda Wajada | Dreams will be achieved when we truly believe in our heart ˆ⌣ˆ

Life is Beautiful

Me, Myself and food

It's My Notes

Blog tentang catatan-catatan yang sering kutulis di waktu senggang

Write The Universe

Apa pun itu, tulislah!

Cerita Assa

L'amour Va Trouver Sa Place à S'ancrer Par Lui Même